Uganda Targetkan untuk Menggandakan Produksi Minyak Kelapa Sawit dengan Lokasi Kedua

Unit Uganda Wilmar International Ltd. sedang membangun proyek minyak kelapa sawit keduanya di negara wilayah Afrika Selatan, yang diharapkan dapat menggandakan produksi nasional sebanyak 80.000 ton.



Bidco Uganda Ltd. – dimiliki bersamara oleh Wilmar, Josovina Commodities Pte Ltd. dari Singapura dan Bidco Africa Ltd. dari Kenya – telah mulai berproduksi sebesar 40.000 ton minyak kelapa sawit dari lahan di pulau Bugala di Danau Victoria.


Mereka mulai menanam di pulau Buvuma pada bulan lalu dan menargetkan untuk menanamkan 1.000 hektar tahun ini dan 5.000 hektar dalam empat tahun, menurut Connie Masaba, kepala cabang Uganda yang mengawasi proyek tersebut. Petani kecil yang memproduksi untuk Bidco diharapkan dapat menanam 2.500 hektar pada tahun 2025, katanya melalui telepon pada hari Rabu dari ibu kota, Kampala.


Uganda menyediakan lahan di bawah kesepakatan investasi yang ditujukan untuk mengurangi impor. Negara tersebut mengirimkan minyak nabati dan lemak mentah baikpun yang sudah disuling senilai 243 juta Dolar Amerika di tahun 2017 – 2018, menurut Biro Statistik Uganda. Pasar minyak nabati dunia dapat berkembang mencapai 299,2 miliar Dolar Amerika pada tahun 2027 dengan tingkat petumbuhan tahunan sebesar 3,3%, menurut laporan Penelitian dan Pasar.