Teknologi yang disruptif mendorong inovasi dalam industri minyak kelapa sawit

Penerapa teknologi yang disruptif akan menjadi pendorong inovasi dalam semua sektor termasuk industri minyak kelapa sawit, kata Menteri Industri Perkebunan dan Komoditi, Datuk Dr Mohd Khairuddin Aman Razali.



Katanya teknologi telah diinovasi dan ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitas dan daya saing di sektor hulu, tengah, dan hilir industri minyak kelapa sawit.


"Hasil dan produk sampingan minyak kelapa sawit dapat ditingkatkan sebesar 23% dari 19% melalui peningkatan penggunaan teknologi pada tingkat perkebunan dan produksi.


"Misalnya, teknologi akan menjadi penting dalam menambah nilai sebuah produk dan mendorong industri minyak kelapa sawit dan memastikan ia tidak menjadi ketinggalan,” katanya dalam sebuah presentasi di Global Agritech Summit 2021 yang dilakukan secara daring pada hari ini.


Mohd Khairuddin mencatat bahwa minyak kelapa sawit telah mengikuti langkah tanaman-tanaman lain dalam memecahkan kode genetiknya dan sekaligus menjawab pertanyaan biologis terkait minyak kelapa sawit.


"Upaya telah dipusatkan pada otomatisasi dan memekanisasi industri sebagai solusi untuk mengatasi masalah pasokan tenaga kerja,” tambahnya.