SEPURAN Green: Mengubah tantangan minyak kelapa sawit menjadi kesempatan

Kelapa sawit telah lama dituduh sebagai penyebab utama pemanasan global. Ini karena metana, gas rumah kaca yang kuat, dihasilkan dari pengolahan limbah pakbrik kelapa sawit (palm oil mill effluent / POME). Jika metana bocor ke udara sebelum dibakar atau diubah menjadi bentuk energi lain, metana akan menyerap panas matahari dan menghangatkan atmosfer 84 kali lebih kuat daripada karbon dioksida selama periode 20 tahun.



Untuk mengatasi hal ini, biogas dari POME digunakan untuk menghasilkan listrik di lokasi pabrik kelapa sawit, 1-2MW, selalu lebih dari yang dibutuhkan di lokasi. Dengan demikian, kelebihan gas biasanya dibakar untuk menghilangkan metana dengan mengubahnya menjadi karbon dioksida yang meskipun tetap berkontribusi terhadap pemanasan global, memiliki Potensi Pemanasan Global yang lebih kecil daripada metana.


Faktor yang sering diabaikan adalah bahwa minyak kelapa sawit merupakan tanaman penghasil minyak nabati yang paling efisien. Mereka memasok 36 persen minyak di dunia, tetapi hanya menyumbangkan kurang dari 9 persen semua lahan budidaya yang digunakan untuk menghasilkan minyak nabati secara global. Beralih ke tanaman penghasil tanaman penghasil minyak nabati alternatif tidak hanya membutuhkan lebih banyak lahan, tetapi juga lebih banyak pestisida dan pupuk kimia.


Dengan SEPURAN GREEN® dari Evonik, teknologi membran inovatif yang secara efektif memanen biogas yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari pengolahan limbah POME, tantangan tersebut dapat diubah menjadi peluang. Membran memurnikan biogas untuk menghasilkan biometana dengan efisiensi > 97%. Biometana kemudian digunakan untuk mengimbangi penggunaan bahan bakar fosil seperti gas alam dan solar, untuk mengurangi dampak lingkungan. Selain itu, teknologi tersebut juga sangat cocok untuk industri minyak kelapa sawit, karena ia tidak menciptakan produk sampingan tambahan dan sangat mudah untuk dioperasikan.


Baru-baru ini, sebuah perusahaan lokal minyak kelapa sawit menguji coba Pabrik Bio-CNG pertamanya di Indonesia. Ia merupakan demontrasi dari komitmen mereka sebagai pemimpin pasar terhadap lingkungan, karena ia juga merupakan Pabrik Bio-CNG pertama di industri minyak kelapa sawit dalam negeri.


Menggunakan SEPURAN GREEN®, pabrik perusahaan tersebut dapat dengan sukses mengubah biogas yang dihasilkan menjadi biometana untuk menggantikan penggunaan solar. Untuk pabrik Tandan Buah Segar dengan kapasitas 60 Ton per jam, instalasi SEPURAN GREEN® akan memungkinkannya untuk menggantikan 6 juta liter solar per tahun. Pabrik khas seperti itu akan mengurangi emisi karbbon dioksida di bumi sebesar 15 juta kilogram setiap tahunnya.



Pada kenyataannya, biometana dapat digunakan untuk mempertahankan operasional harian pabrik itu sendiri. Ia dapat disalurkan untuk memenuhi kebutuhan seperti perumahan karyawan dan transportasi serta menggantikan penggunaan bahan bakar fosil yang konvensional seperti solar dan gas alam. Biometana juga dapat disimpat dalam tabung gas dengan cara yang aman bagi pekerja dan lingkungan.


Peningkatan biogas untuk menggantikan solar tidak hanya ramah lingkungan, ia juga membantu perusahaan untuk menikmati bahan bakar berkelanjutan dengan harga tetap untuk jangka waktu yang panjang. Ia merupakan situasi yang menguntungkan bagi alam dan industri.


Selain itu, SEPURAN GREEN® dapat menawarkan solusi yang dibuat khusus untuk kebutuhan individu pelanggan dan oleh karena itu menjaga belanja modal tetap rendah hanya untuk memenuhi kebutuhan di lokasi. Teknologi pemisah gas berbasis membran telah memungkinkan pabrik minyak kelapa sawit di Asia Tenggara untuk mengubah biogas menjadi solar, gas alam ataupun bahan bakar gas cair, tergantung kebutuhan pelanggan. Solusi ini mengurangi jejak karbon dari pengiriman dan transportasi truk, selain dari mengurangi dampak produksi minyak kelapa sawit.


“Kami ingin memperluas jejak kami di Asia Tenggara, kini kita telah memiliki beberapa contoh pabrik biometana dalam kelapa sawit yang berfungsi, menawarkan manfaat serbaguna dan dapat ditiru.” Kata Micheal Yeong, Manajer Bisnis Senior lini binis Polimer Kinerja Tinggi dari Evonik.


Sebagai produk yang disegani dan dipercayai oleh para pelaku industri, kini ada lebih dari 600 situs yang terpasang dengan SEPURAN GREEN® milik Evonik di seluruh dunia sejak tahun 2012.