Perusahaan Pengembangan Kamerun (Cameroon Development Corporation / CDC) Saat Ini Sedang Menyempurna

Perusahaan Pengembangan Kamerun (Cameroon Development Corporation / CDC) Saat Ini Sedang Menyempurnakan Dua Proyek Pembangunan Dua Pabrik Produksi Karet Dan Minyak Kelapa Sawit.



Pabrik pembotolan minyak nabati

Kamrun- Perusahaan agribisnis milik negara Perusahaan Pengembangan Kamerun (Cameroon Development Corporation / CDC) saat ini sedang menyempurnakan dua proyek pembangunan dua pabrik produksi karet dan minyak kelapa sawit. Hal ini terungkap dalam seruan untuk menyatakan minat yang baru-baru ini dikeluarkan oleh perusahaan untuk merekrut konsultan yang akan melakukan penilaian dampak lingkungan proyek tersebut.Disebutkan, pabrik produksi kelapa sawit akan dibangun di Pendamboko, wilayah Littoral.


Peluncuran kedua proyek tersebut membuktikan bahwa perusahaan agribisnis bertahap pulih dari kesengsaraan yang disebabkan oleh krisis Anglophone. Memang, CDC tidak diragukan lagi merupakan salah satu perusahaan yang menderita dari krisis sosial-politik yang bermula di tahun 2016 di wilayah Anglophone.


Selama krisis, milisi separatis mengubah perkebunan perusahaan menjadi tempat pelatihan. Pekerjaan sangat terganggu sementara pabrik pengolahan dan penyimpanan dibakar begitu saja. Karena ketidakamanan itu, perusahaan tersebut dan sekitar 22.000 karyawannya menghentikan sebagian operasinya, terutama di segmen buah pisang. Oleh karena itu, sejak September 2018 hingga Mei 2020, perusahaan tersebut, yang sebelumnya merupakan eksportir pisang terbesar di Kamerun, hilang begitu saja dari daftar eksportir pisang Kamerun.


Performanya sejak bulan Juni 2020 ketika ia kembali ke pasar pisang menunjukkan bahwa ia belum sepenuhnya pulih dari dampak serangan tersebut. Misalnya pada April 2021, ia mengekspor 1.354 ton pisang (menurut asosiasi buah pisang ASSOBACAM), jauh di bawah 9.467,5 ton yang sebelumnya mereka ekspor setiap bulan.


Meski demikian, performa perusahaan bisa meningkat sepuluh kali lipat dalam beberapa bulan mendatang jika rencana pengembangan 520 hektar perkebunan pisang tahun ini terwujud.

Related Posts

See All