Memastikan Pendapatan yang Lebih Tinggi Melalui Inovasi Kelapa Sawit


Operator perkebunan kini dapat menanam sawit tenera dengan hasil panen tinggi untuk meningkatkan produksi buah dan hasil minyak tanpa meningkatkan tenaga kerja perkebunan dan biaya pupuk.

Lembaga Minya Sawit Malaysia (The Malaysian Palm Oil Board / MPOB) telah menunjukkan ratusan inovasi baik di sektor hulu maupun hilir, di mana telah berkontribusi terhadap kemajuan industri kelapa sawit.


Tidak lama ini, sebuah inovasi yang signifikan memungkinkan identifikasi awal sawit tenera (cangkang tipis) dengan hasil panen tinggi untuk penanaman komersial telah menerima perhatian yang cukup besar.


Inovasi ini menggunakan teknologi penyaringan asam deoksiribonukleat (DNA) SureSawit untuk melacak sawit non-tenera dengan hasil panen rendah jauh sebelum penanaman, khususnya pada tahap pembibitan kelapa sawit.


Perkebunan dan petani kecil dapat menerima pendapatan yang lebih tinggi karena inovasi ini dapat meningkatkan hasil minyak kelapa sawit dengan memastikan bibit unggul dikirimkan kepada petani kecil dan perkebunan di negara tersebut.


Terobosan uji coba DNA SureSawit Shell merupakan inovasi yang dihasilkan dari upata MPOB sejak tahun 2004 dalam melakukan terobosan penelitian untuk memecahkan kode genom kelapa sawit.


Hal ini berhasil dicapai pada tahun 2013, yang mengarah pada penemuan genetik Shell, memberikan landasan bagi teknologi penyaringan DNA SureSawit.


Penguraian kode genom kelapa sawit dan penemuan Shell diterbitkan dalam dua artikel di jurnal Nature yang sangat disegani pada tahun 2013, sebuah pencapaian yang belum pernah add bagi para ilmuwan Malaysia.


Layanan penyaringan SureSawit Shell ditawarkan oleh Orion BioSains Sdn Bhd, yang telah mengembangkan fasilitas pengujian DNA dengan angka keberhasilan tinggi yang memungkinkan identifikasi dan penggantian kelapa sawit yang tidak diinginkan.


Ini merupakan perusahaan baru di Malaysia yang pertama kali memelopori segmen industri baru, membimbing era baru pertanian presisi molekuler ke dalam negeri.


Operator perkebunan kini dapat secara selektif menanam sawit tenera dengan hasil panen tinggi, sehingga meningkatkan produksi buah dan hasil minyak tanpa harus menambah tenaga kerja di perkebunan, biaya pupuk, biaya penggilingan maupun perluasan area tanam.


Penyaring SureSawit Shell merupakan alat kontrol kualitas yang ampuh yang akan menguntungkan produsen bibit, perkebunan, operator, dan juga pemulia kelapa sawit yang telah mempraktekan pemulian selektif sawit tenera.


Sebuah tim delegasi dari MPOB, yang dipimpin oleh ketua Datuk Ahmad Jazlan Yaakub, baru saja mengunjungi laboratorium Orion Biosains di Puchong, Selangor, yang memfasilitiasi penelitian dan produksinya.


Di sini, instrumen robotik dengan kecepatan tinggi dapat memproses ratusan ribuan contoh benih kelapa sawit dan jaringan bibit setiap harinya.


Operasi laboratorium Orion Biosains telah mengkomersialisasikan teknologi pengujian SureSawit Shell hingga ke tahapan di mana ia bisa meningkatkan keberlanjutan dengan mengirimkan benih dan bibit dengan DNA berkinerja tinggi pilihan ke lapangan, berkontribusi dalam peningkatan hasil minyak.


Sejauh ini, lebih dari satu juta benih dan bibit telah diuji dan disertifikasi.


Teknologi penyaringan SureSawit siap memberikan dampak besar pada perekonomian.


Teknologi tersebut juga memberikan dampak global karena penggunaannya telah menjangkau negara produsen minyak kelapa sawit, seperti Indonesia dan Amerika Latin.


Hal ini juga akan menjadikan Malaysia penyedia teknologi genom global yang berkontribusi terhadap keberlanjutan sektor kelapa sawit.


Teknologi SureSawit Shell dapat memfasilitasi hasil tandan buah segar yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan perkebunan dan petani kecil, sementara pabrik kelapa sawit bisa menghasilkan lebih banyak minyak kelapa sawit dari area tanam yang sudah ada.


Komersialisasi teknologi SureSawit dan fasilitas pemrosesan DNA dengan angka keberhasilan tinggi disorot oleh British Broadcasting Corporation pada tahun 201, di mana pemegang lisensi MPOB tersebut diakui sebagai salah satu dari delapan perusahaan di dunia dengan teknologi yang mendatangkan perubahan.


Keberhasilan ini telah memberikan dorongan bagi MPOB untuk melanjutkan upayanya dalam meningkatkan industri kelapa sawit yang selaras dengan tanggung jawabnya untuk mempromosikan dan mengembangkan industri minyak kelapa sawit dalam negeri.


Penulis adalah direktur jenderal Malaysian Palm Oil Board, Dr Ahmad Parveez Ghulam Kadir.


Sumber: www.nst.com.my

advertisement

Copyright 2020 Asia Palm Oil Magazine

FBI Publications (M) Sdn Bhd | 9-3, jalan PJU 5/6, Dataran Sunway, 47810 Petaling Jaya, Selangor