Memanfaatkan Sensor Senix ToughSonic untuk Pengukuran Tangki Minyak Kelapa Sawit


Sumber Gambar: Senix Corporation

Tumbuh secara eksklusif di daerah tropis, pohon kelapa sawit menghasilkan minyak premium, yang biasanya digunakan untuk memasak di negara berkembang.


Ia juga digunakan dalam produk makanan, kosmetik, deterjen, dan bahkan untuk bahan bakar hayati. Minyak kelapa sawit merupakan bahan minor dalam makanan di Amerika Serikat, tetapi minyak kelapa sawit dapat ditemukan di lebih dari 50% dari semua produk kemasan yang dikonsumsi Amerika.


Kelapa sawit ditanam di pertanian keluarga kecil dan perkebunan besar di seluruh Afrika, Asia dan Amerika Latin. Akibat ekspansi yang cepat dalam industri minyak kelapa sawit mengorbankan hutan tropis—yang merupakan habitat bagi sejumlah spesies yang terancam punah dan juga menawarkan jalur kehidupan bagi beberapa komunitas manusia.


Mengamankan hasil tertinggi dengan gangguan seminimal mungkin terhadap lingkungan adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pertanian berkelanjutan.


Sumber Gambar: Senix Corporation

Dana Dunia untuk Alam (World Wildlife Fund / WWF) bercita-cita untuk menghadirkan pasar global yang ramah lingkungan yang didasarkan pada produksi dan sumber minyak kelapa sawit yang dapat diterima secara sosial.


Selain WWF, sejumlah sertifikasi juga telah disusun dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Kelompok Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan (Roundtable on Sustainable Palm Oil / RSPO), Aliansi Hutan Tropis (Rainforest Alliance), Sertifikasi Berkelanjutan & Karbon Internasional (International Sustainability & Carbon Certification / ISCC) dan Kelompok Bahan Hayati Berkelanjutan (Roundtable on Sustainable Biomaterials / RSB).


Tujuan dari kelompok-kelompok ini adalah untuk merangsang peningkatan permintaan dan penggunaan produk dengan menggunakan praktik-praktik tersebut.


Semakin banyaknya perusahaan di dunia yang menghadapi tanggung jawab mereka dalam rantai pasokan dan hanya membeli minyak kelapa sawit dan minyak inti kelapa sawit bersertifikasi RSPO.


Dengan prospek pasar yang luar biasa selain sangat menguntungkan dalam hitaungan per hektar, minyak kelapa sawit berkelanjutan merupakan potensi pendapatan yang sangat baik bagi petani kecil di daerah pedesaan.


Sertifikasi berkelanjutan membuka pintu bagi pasar internasional, yang menawarkan peluang pendapatan yang lebih tinggi sementara juga meningkatkan lapangan kerja di daerah pedesaan bagi negara penanam kelapa sawit.


Sumber Gambar: Senix Corporation

Senix ToughSonic 30 telah dipilih menjadi sensor pilihan bagi produsen minyak kelapa sawit Asia yang berskala besar. Senix ToughSonic 30 mampu mengukur dan memantau dengan sangat akurat tingkat Minyak Kelapa Sawit dalam tangki besar dengan ketinggian sekitar 9 meter.


Data level ditransmisikan melalui unit tampilan dengan hasil 4-20 mA dari sensor tersebut, yang juga tersedia dari Senix.


Sensor harus memiliki kapasitas untuk mentolerir lingkungan yang kotor dan panas karena tangki jenis ini terletak di luar ruangan.


Sumber Gambar: Senix Corporation

Senix ToughSonic 30 juga dipilih karena rancangannya yang tahan lama, yang dirancang khusus untuk digunakan di beberapa lingkungan industri yang keras dengan menggabungkan perangkat elektronik yang terlindungi, rumah baja tahan karat dengan kadar 316 dan tingkat ketahanan debu dan air hingga tingkat 68.


Mereka dapat dengan mudah dihubungkan dengan unit tampilan yang dapat mengontrol sakelar dan pompa serta pada saat bersamaan mengukur tingkat atau jarak dengan presisi yang luar biasa dan banyak lagi.



Situs: www.azosensors.com