Cargill Merencanakan Kilang Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia


Keterangan: Salah satu kilang Minyak Kelapa Sawit Cargill

Perusahaan perdagangan Cargill telah mulai membangung penyulingan minyak kelapa sawit berkelanjutan di provinsi Lampung, Indonesia di bagian selatan pulau Sumatera, yang akan selesai dibangun pada akhir tahun 2022.


Perusahaan tersebut akan berinvestasi sebesar 200 juta Dolar di pabrik tetapi belum dapat menentukan kapasitasnya pada tahap ini.


Pabrik tersebut akan menerima minyaka kelapa sawit mentah bersertifikasi berkelanjutan dan diproses sesuai dengan kebijakan minyak kelapa sawit berkelanjutan Cargill. Ini akan menjamin produknya bebas deforestasi di seluruh rantai pasokan minyak kelapa sawit dan dapat dengan baik memenuhi permintaan pembeli di pasar Amerika Utara dan Eropa.


Kekhawatiran jangka panjang mengenai keberlanjutan budidaya minyak kelapa sawit telah memanas di Eropa selama setahun lalu, di mana Perancis, Austria, Belanda dan Jerman telah atau akan melarang penggunaan bahan bakar hayati berbasis minyak kelapa sawit di pasar mereka, menjelang penghapusan secara menyeluruh di UE pada tahun 2030.


Amerika Serikat juga telah melarang impor minyak kelapa sawit dari dua perusahaan Malaysia atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia di perkebunan.


"Proyek ini merupakan langkah penting bagi Cargil untuk meningkatkan ketersediaan bahan minyak nabati yang diproduksi dan bersumber secara berkelanjutan bagi pelanggan kami,” kata presiden Cargill Asia-Pacific Robert Aspell.