Adopsi Teknologi di Industri Minyak Kelapa Sawit


Cahyo Nugroho, Chief Industry Solution Officer,PT Esri Indonesia

PT Esri Indonesia berbagi informasi kepada editor kami mengenai solusi dan tantangan bagi industri kelapa sawit di dalam mengadopsi teknologi baru dan bertransformasi untuk membentuk sebuah sistem yang berkelanjutan.


1. Susan: Bisakah Anda ceritakan mengenai latar belakang bagaimana Esri Indonesia mendukung perindustrian minyak kelapa sawit?

Esri Indonesia adalah perwakilan resmi Esri, yaitu perusahaan pengembang perangkat lunak Sistem Informasi Geografi (SIG) bernama ArcGIS yang berpusat di Redlands, California. Didirikan pada tahun 1969, solusi dari Esri telah digunakan lebih dari 350,000 pelanggan dari berbagai macam industri di seluruh dunia. Sejak tahun 1997, Esri Indonesia telah bermitra dengan mayoritas perkebunan kelapa sawit terkemuka di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka seperti teknologi pemetaan.


Seiring dengan berkembangnya kebutuhan bisnis di industri kelapa sawit, perangkat lunak ArcGIS kini banyak digunakan sebagai sebuah solusi berbasis lokasi untuk pengelolaan aset, persiapan penanaman lahan, perhitungan jumlah pohon kelapa sawit dengan menggunakan foto udara, pengelolaan operasional harian hingga distribusi hasil pengolahan minyak kelapa sawit.


2. Susan: Jikalau ada SATU saja solusi yang bisa Esri tawarkan, teknologi apa yang wajib diadopsi oleh perkebunan kelapa sawit?

Sangat sulit untuk dapat menawarkan satu solusi saja untuk mengatasi kompleksitas kebutuhan para pelaku usaha kelapa sawit, tetapi inti bisnis dari perkebunan kelapa sawit adalah mengenai manajemen perkebunan. yang berhubungan dengan tonase nyata panden tandan sawit.


Esri memiliki berbagai solusi yang dapat diterapkan pada setiap tahapan manajemen perkebunan seperti :

  1. PengIdentifikasian status kematangan setiap tandan pohon kelapa sawit yang mencakup seperti sistem koordinasi panen, i, pembagian jalur pohon, tingkat pengaturan tingkat kematangan buah sampai pada waktu siap panen.

  2. Manajemen panen - tandan sawit siap hampir sepanjang hari dalam setahun untuk itu selalu diperlukan perencanaan panen yang berkesinambungan seperti siapa yang mengerjakan, kapan, di mana, bagaimana rutenya sampaicara pengangkutannya.

  3. Meningkatkan kualitas panen - kualitas minyak sawit terbaik adalah dengan memastikan setiap hasil panen memiliki kandungan kadar asam lemak bebas (FFA) rendah yang artinya perkebunan telah menghasilkan panen berkualitas


3. Susan: Mempertahankan kelestarian alam merupakan masalah utama pada saat ini, bagaimana Esri dapat membantu industri ini untuk mencapainya?

Esri memiliki komitmen untuk turut serta melestarikan lingkungan dan pengelolaan lingkungan untuk keberlanjutan. Solusi dari Esri berperan dalam setiap tahapan rantai pasokan perkebunan kelapa sawit seperti transparasi, verifikasi dan dampak nyata dari produksi hingga distribusinya. Melalui pemantauan berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis), organisasi dapat melacak asal kelapa sawit dari pengolahan hingga ke perkebunan asalnya.


Esri juga telah mengembangkan solusi untuk membantu komunitas kelapa sawit dalam memprediksi deforestasi dan dalam pengelolaan rantai pasokan yang sesuai dengan sertifikasi asosiasi Roundtable Sustainable Palm Oil Organisation (RSPO).


4. Susan: Pembiayaan merupakan masalah utama selama masa pandemi dan tentunyauntuk melakukan digital transformasi tidaklah murah. Bagaimana para kustomer Anda merespon hal ini?

Disaster Response Program (DRP) dari Esri bertujuan membantu bencana di seluruh dunia sebagai bagian dari kegiatan Corporate Citizenship. Di Indonesia, melalui Pusat Dukungan Darurat Geospasial (ESSC) Esri Indonesia menghadirkan Geoportal COVID-19 berbasiskan SIG untuk mendukung upaya tanggap darurat di masa pandemi.


Program ini juga sebelumnya telah memberikan dukungan teknologi berbasiskan geospasial untuk berbagai bencana alam seperti gempa di Palu-Donggala, tsunami, letusan Gunung Agung tahun 2017 dan kejadian banjir di Jakarta.


Saat bisnis Anda membutuhkan bantuan di saat pandemi ini, Esri dapat menyediakan data, perangkat lunak dan aplikasi yang dapat dikonfigurasikan serta memberikan dukungan teknis untuk mengoperasikan bisnis Anda berbasiskan SIG. Dengan menggunakan SIG, Anda dapat mengakses dan menvisualisasikan kritikal informasi seperti lokasi yang terdampak bencana. Dapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah dipahami untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.


Pandemi tentunya secara signifikan telah memberikan dampak ke berbagai macam bisnis dan industri di seluruh dunia namun di saat yang sama juga telah mempercepat akselerasi digital transformasi. Para pebisnis kini terus mencari berbagai macam cara inovatif untuk terus mengedepankan keunggulan kompetitif dan menjaga bisnis terus berjalan di era “new normal” dan membangun ketahanan bisnis. Oleh karena itu, kami terus mendukung kustoer kami untuk terus membangun kapasitas bisnis mereka dan tidak hanya memberikan tanggap darurat terhadap bencana yang dihadapi tapi juga mendukung mereka dengan berbagai macam solusi bisnis untuk bertahan dan memulihkan bisnis.


5. Susan: Banyak perusahaan teknologi berkembang pesat selama pandemi, apakah Esri merupakan salah satu yang meraih keuntungan dari hal ini? Apakah Esri akan melihat pertumbuhan lebih lanjut setelah pandemi di tahun 2021-2022?


Kami melihat adanya permintaan yang cukup signifikan untuk layanan berbasis geospasial seperti informasi berbasiskan peta baik untuk keperluan public maupun internal perusahaan sejak pandemi dimulai akhir tahun lalu. Selain mendukung tanggap darurat COVID-19 yang terus masih berlansung, kami juga juga melihat adanya antusiasme yang cukup tinggi untuk menggunakan aplikasi geospasial sebagai bagian dari perencanaan bisnis yang berkesinambungan. Kami memiliki program pemberian lisensi gratis selama enam bulan kepada perusahaan yang memenuhi kualifikasi dimana mereka dapat menerapkan aplikasi berbasikan SIG secara cepat untuk membantu beradaptasi di era “new normal”.


Esri memiliki sejarah dan pengalaman praktik yang panjang dalam mendukung upaya dan program tanggap darurat. Kegiatan ini tidaklah terkait langsung dengan pendapatan perusahaan. Kami juga telah sejak lama mempraktikkan disiplin keuangan, oleh sebab itu kami beruntung dapat terus mempertahankan operasional kami dan pada saat yang bersamaan membantu berbagai macam krisis yang terjadi.


Di tahun ini dan tahun mendatang, kami optimis bahwa dunia usaha khususnya industri perkebunan kelapa sawit akan membaik. Seiring semakin banyak perusahaan beradaptasi di era kenormalan baru dengan melakukan transformasi digital, maka alur kerja akan semakin efisien dan efektif dalam menjalankan usaha di industri kelapa sawit. Sehingga, dapat dipastikan industri ini akan semakin tumbuh dan berkembang serta memberikan imbas positif kepada pemulihan ekonomi.